Jumat, 30 September 2016

Kebanyakan orang, khususnya wisatawan domestik hanya mengetahui Bali memiliki daya tarik wisata seperti Pantai Kuta, Tanah Lot, Joger dan daya tarik wisata lain yang bersifat mass tourism. Padahal faktanya, Bali tidak melulu tentang Pantai Kuta, Tanah Lot ataupun Joger, masih ada banyak daya tarik wisata lain yang dapat dinikmati di pulau dewata ini, contoh seperti Hutan Mangrove Bali yang sempat saya kunjungi bulan lalu.

What? Mangrove? Ya, seriously Mangrove.

I wasn’t in Kalimantan, I told you Bali tidak melulu Pantai kuta, salah satu daya tarik wisata lain yang tidak kalah keren dan eksotis adalah ini, Hutan Mangrove.

Honestly, saya tidak percaya di jika Bali yang memang tergolong mempunyai Pariwisata yang sangat maju dan mempunyai beratus-ratus accomodation terdapat kawasan konservatif Hutan Mangrove yang sudah pasti isinya berbagai jenis tumbuhan dan satwa.

Tapi, ketika saya berkunjung sana saya benar-benar merasakan Bali dari sisi yang berbeda. Tenangnya suasana mangrove, adanya suara cuitan burung dari sisi kanan dan kiri hingga suara ranting pepohonan yang dihembuskan oleh angin benar-benar suskses membuat saya jatuh hati.

fail candid

pemandangan mangrove dari atas

keadaan mangrove

Hutan Mangrove Bali mempunyai ± 60 jenis Tumbuhan diantaranya jeruju, akar tuba, bakau putih, lindur dan masih banyak lagi sedangkan fauna terdapat ±   20 jenis hewan seperti elang bondol, burung udang biru, wallet sapi dan lain-lain.

Introduction board bagi pengunjung.

For your information, Selain diperuntukkaan bagi wisatawan lepas seperti saya, Kawasan Konservatif Mangove ini juga biasanya dijadikan sebagai Wisata Pendidikan dan penelitian oleh sebab itu tidak jarang beberapa siswa ataupun mahasiswa melakukan observasi disini. selain itu mangrove juga bisa dijadikan tempat kegiatan Pengembangan Diri (Outword Bound), Rekreasi dan olah raga (Bird watching, tracking hiking, fishing )  dan juga sebagai Wisata Kesehatan (Rehabilitasi, terapi, meditasi) karena mempunyai suasana yg sunyi dan tenang wisatawan bisa melakukan meditasi dengan lancar tanpa ada gangguan apapun. 

Something unique yang saya temukan di sepanjang jalur tracking terdapat beberapa warga lokal dan wisatawan yang memancing dan tidak hanya itu, tidak sedikit pasangan yang melaksanakan foto pre-wedding di kawasan Hutan Mangrove ini lhoo. waah boleh nih buat yang mau foto pre-wedding di sini aja, pantai kan udah over mainstream. 

pengunjung yang memancing

pengunjung yg melakukan foto prewedd

pengunjung yg melakukan foto prewedd
Kawasan Hutan Mangove ini mempunyai kawasan yang sangat luas. Terdapat beberapa fasilitas penunjang bagi para wisatawan agar tetap dapat menikmati panorama alam mangrove, seperti terdapat 4 tempat peristirahatan (pendopo) pada areal tracking yang masing – masing terletak pada titik yang strategis untuk beristirahat dan melihat pemandangan. Selain itu Untuk melihat pemandangan indah sekitar hutan mangrove dari ketinggian, hutan mangrove menyediakan 2 Menara (Tower).

menara tower


pendopo

tower

Sarana peribadatan dan sarana penunjang lainnya :

- Tempat ibadah umat hindu antara lain Pura Candi Narmada / Pura Tanah Kilap
 Tempat ibadah umat budha antara lain Klenteng Griya, Konco Dwipayana-Ling Sii Miao Kilap
 Estuary Dam
 Mangrove Information Center (MIC)

Gimana Kawasan Hutan Mangrove tidak kalah kece kan?

Yuk udah saatnya kita keluar dan melihat lebih luas masih banyak potensi-potensi wisata yang gak kalah keren dan kece untuk di jelajahi dan dipromosikan. kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kalau bukan travel blogger, siapa lagi?

NOTES

HTM : RP 10.000/person

How to get there : Kawasan Hutan Mangrove di jalan By pass Ngurah Rai Kuta Bali, letaknya hutan mangrove Bali hanya memakan 10 menit dari bandara Ngurah Rai. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan darat, motor, mobil, dan bus.
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

16 komentar:

  1. ya ampun niat banget yang prewedding di hutan mangrove. hihi. gaunnya gimana ya ntar? apa nggak bakalan kotor ya? :D aku pernah denger soal hutan mangrove ini, keren banget viewnya dari atas. jadi pengen ke sana. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bakal kotor kok mba, kan fotonya di areal tracking hehe :D

      Hapus
  2. Kemaren waktu mau ke Nusa Dua ngelewatin hutan mangrove ini deh kayaknya.. Cuma ngeliat dari bus aja siih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah sayang banget gak mampir, padahal tmptnya indah banget mba :D

      Hapus
  3. Jembatan yg di tengah danau (eh apa sih itu bilangnya? :D ) itu asyik banget ya jalan kaki di situ :D Pura dan wiharanya pun ada ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Areal tracking mba hehe keren buat foto2 ya :D

      Hapus
  4. wadaw kukira ini di surabaya, ternyata bisa buat sesi prewed

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bali punya mas, silahkan dicoba mas hehe

      Hapus
  5. Jadi ingat mangrove di Karimunjawa mirip seperti ini hehehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahha, banguanan di mangrove kok mirip semua ya hahahaha

      Hapus
  6. Baru tahu kalau ada hutan mangrove di pulau Dewata.
    Hijau memang bikin terpukau

    BalasHapus
  7. Di sisi yang deket tol, ada yang jual seafood enak banget lho

    BalasHapus
  8. aaaaaaa adem banget sukaaaa!

    wah gaada foto zombienya nih? #TrainToBusan #gagalfokus

    Adis takdos
    travel comedy blogger
    www.whateverbackpacker.com

    BalasHapus
  9. Wah, ini masuknya murah meriah ya.
    Mau bangeeet ke sana.

    BalasHapus

Leave your comment here