Kamis, 11 Agustus 2016

Tidak terasa sudah 5 hari saya sekeluarga tinggal di rumah nenek, hari demi hari pun berlalu. setiap kegiatan sudah kami lakukan bersama mulai dari ngumpul bersama, makan bersama hingga jalan-jalan bersama.

Rencananya H-1 saya sekeluarga ingin beristirahat dan bersiap-siap tidak ingin melakukan aktifitas jalan-jalan, karena keesokan harinya kami harus pulang dan berangkat pagi agar tiba di samarinda tidak terlalu malam. Namun pada sore itu salah satu teman saya yang sekaligus tetangga mengajak saya keluar mengunjungi air terjun yang ada di Desa Awai yang jaraknya tidak jauh dari rumah nenek.

Kebetulan pada waktu itu air di rumah nenek juga sedang mati, jadi saya tidak pergi sendiri melainkan saya mengajak satu keluarga untuk mengunjungi air terjun tersebut. jaraknya tidak jauh, sekitar 1 km dari rumah nenek. di perjalanan belum sampai disana, kita harus parkir kendaraan di pinggir jalan dan kembali berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang kira-kira memakan waktu hanya 10 menit.

Lumayan jauh jika berjalan kaki untuk mencapai air terjunnya, namun percaya deh, selama di perjalanan kalian akan disuguhkan pemandangan lahan-lahan warga setempat yang indah dan semua kecapean itu akan terbalaskan jika kalian melihat langsung keindahan air terjunnya!

Jantur Dora
Tiba di jantur dora tanpa pikir panjang saya langsung mandi dan seperti biasa tidak lupa untuk mengambil gambar keindahan dari air terjun ini. Oiya... yang perlu di notice adalah airnya sangat dingin, yang mau kesini aku saranin lebih baik datangnya siang biar gak terlalu terasa dingin dan bisa mandi sepuasnya!

Nama air terjunnya adalah Jantur Dora, tidak ada hubungannya dengan dora the explorer ya... kata jantur sendiri merupakan kata yang diambil dari bahasa dayak benuaq yang artinya 'air jatuh' sedangkan 'dora' merupakan nama sungai yang mengaliri sepanjang Desa awai.



Jantur dora tidak terlalu terkenal sehingga belum ramai dikunjungin wisatawan luar daerah, hanya ada beberapa warga setempat yang datang untuk mandi dan mencuci.
Belum ada pungutan biaya untuk masuk ke dalam kawasan air terjun ini karena masih belum ada campur tangan pemerintah dalam pengelolaannya namun kabarnya jantur dora ini nanti akan segera dibuka secara resmi sebagai daya tarik wisata dan dikelola langsung oleh pemerintah setempat.

Sangat seru berkunjung ke tempat nenek, karena banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungin mulai dari melihat-lihat Lamin pepas eheng , menangkap ikan di Danau Beloan hingga mandi di Janutr dora. Semoga tahun depan bisa mengunjungi nenek lagi di desa awai.


15 komentar:

  1. apakah jantur dora ini bisa dikatakan air terjun kang? ini sudah dijadikan tempat wisata apa belum ? soalnya saya baru pertama kali melihat dan mendengarnya disini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap! tepat sekali, akan dibuka secara resmi segera :)

      Hapus
  2. Kereeeen.. Bisa buat stock foto instagram satu bulan yah kayanya kalo maen kemari.. :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu bulan? bisa diatur mba hehe ;-(

      Hapus
  3. Nah, saya suka saya suka, menulis tentang potensi - potensi yang ada di daerah si penulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe terima kasih mas Catur udah mau mampir

      Hapus
  4. Serunya kalo main ke tempat yang masih sepi jadi kalo mau selfie ga terlalu banyak orang yang ngalangin #eh #gimana-gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempatnya serasa milik sendiri ya mas hehe.

      Hapus
  5. bagus bangettttt, itu emang air terjunnya nggak terlalu tinggi? apa saja aja yang ngeliatnya gitu kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air terjunnya lumayan tinggi mba, kira-kira sekitar 9-10 meter hehehe

      Hapus
  6. Kalo air nya dingin, aku maunya berendem sambil pelukan hua hua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percuma kalo yang dipeluk juga lagi kedinginan mas cum hihihi.

      Hapus
  7. Halo teman2 traveler indo
    Saya bekerja sebagai digital marketing adv.
    Saya ingin menawarkan kerjasama, artikel berbayar.
    Bila berminat silahkan email saya di mirza@sat-c.net

    Syarat utama harus domain utama tidak boleh subdomain atau free sub/domain.

    Lainnya akan kita bicarakan via email
    Atau silahkan WA saya di 081119(satu)(satu)08(satu)

    BalasHapus
  8. Sama2 kedinginan kan bisa slaing menghangatkan #KecupMesra

    BalasHapus
  9. Air terjunnya nggak gitu tinggi ya. Kalau airnya dingin gitu pas lagi gerah enak nyeburnya :D

    BalasHapus

Leave your comment here